Kamis, 22 Maret 2012

Kenapa Twitter Hanya 140 Karakter?

Twitter muncul setelah Facebook mulai terkenal. Sedikit mulai aneh tiba-tiba komunikasi di internet terbatas hanya 140 karakter. Dan komunikasi yang biasanya didukung oleh fitur komentar dan juga threaded conversation tidak bisa dinikmati melalui Twitter.Fitur terbatas ini karena memang pada awalnya Twitter hanya mendukung komunikasi lewat SMS (text). Keterbatasan 140 karakter itu karena memang SMS terbatas 160 karakter, 20 karakter digunakan untuk username dan sisanya digunakan untuk kicauan (tweet).

 Bayangkan saja saat masa-masa indah menggunakan SMS sebagai sarana komunikasi; terbatas dan saling balas tapi tahu sama tahu konteks apa yang dibahas. Dan Twitter menjembatani komunikasi yang dulunya hanya antara dua orang menjadi lebih banyak orang. Makanya layanan ini tidak mendukung komentar dan mengandalkan username untuk mengkontak langsung teman dan kalau dipikir-pikir mention itu tidak perlu sebenarnya (bukan berarti dianggap nyinyir lho). Karena kalau kita me-mention semua teman kita, tidak ada ruang yang cukup untuk berkicau.
Anehnya, pengguna Twitter jarang menggunakan SMS untuk menulis tweet-nya. Belakangan mikroblog ini sangat terkenal dan hampir jutaan orang menggunakannya dan menurut riset, Twitter lebih banyak diakses lewat aplikasi pihak ketiga bukan lewat web/aplikasi resmi-nya apalagi lewat SMS. CMIIW.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar